Minggu, 12 Desember 2010

DAMPAK KECANGGIHAN TEHNOLOGI

DAMPAK SEBUAH KECANGGIHAN TEHNOLOGI

         Bukanlah  semata-mata pegawai kantoran, kaum pengusaha dan pelaku bisnis yang super sibuk saja, kini komputer adalah suatu barang yang umum dimiliki masyarakat. Tidak terbatas pada usia dewasa, namun anak-anak di bangku sekolah pun akrab dengan beragam kepandaian.  Bukan melebihkan atau sekedar guyonan saja, apabila dikatakan komputer dianggap menjadi benda terpopuler di abad modern ini. Disisi lain ternyata  ada dampak bagi penggunanya. 
           Komputer sangatlah dibutuhkan oleh semua kalangan dan lapisan masyarakat, di semua bidang seperti, ekonomi, pertanian, sosial,  budaya, agama, pendidikan,  ilmu pengetahuan dan tehnologi. Dan sebagainya.  Sistem dan menunya  sangat  membantu pekerjaan mulai dari program pengetikan, penyusunan ebook, akuntansi, penambahan aplikasi software program yang sesuai bidang pekerjaannya. Aplikasi phonecell, soft ware audio-video, design, fotografi, software internet dllnya.    Harganyapun sangat terjangkau di semua lapisan masyarakat mulai harga  yang mahal dengan kwalitas yang bagus sampai klas umum dipasaran.

DI BALIK KECANGGIHAN PERLU DI WASPADAI DAMPAKNYA 
Bagi kita yang suka  dengan computer bahwa adanya pendapat dan artikel yang mengatakan anggapan efek bahaya komputer meski  terdengar terasa  tidak rasional, namun ternyata telah banyak bukti yang mengatakan bahwa komputer potensial menggangu kesehatan bagi penggunanya, dan terjadinya  dampak negatif bagi manusia yakni  adanya  gangguan- gangguan pada fungsi organ tubuh nya.  Sekali lagi hal ini mununjukan bahwa tidak selamanya sebuah benda yang dianggap menjadi kemajuan tehnologi elektronik dan komputerisasi yang sangat penting dalam menunjang aktivitas kehidupan manusia, dimana terlepas dari side efek yang secara tidak langsung mengena pada penggunanya.                                          

            Telah banyak jurnal kesehatan yang membeberkan dampak negatif terhadap kesehatan penggunanya. Secara luas telah di kenal  beberapa  dampak negatf komputer  terhadap kesehatan. Dalam salah satu buku, Using information technology, terdata seorang Seattle, Amerika, Danielle Weatherbee (29) mengalami ganguan kesehatan karena sering banyak menggunakan komputer. Dalam buku ini tertulis,di usia 29 tahun, Danielle divonis dokter memiliki gangguan tulang layaknya yang dialami oleh seseorang yang telah berusia 50 tahun. Dokter tersebut mengatakan bahwa hal ini terjadi akibat seringnya menatap ‘monitor’  dalam hidupnya tidak hanya menyebabkan masalah pada tulang belakang masih ada beberapa fakta yang mendata gangguan kesehatan lain dari sebuah komputer. Diantaranya yang telah muncul adalah Repetitive Stress/Strain Injury (IRS), Kelelahan mata, sakit kepala, dan masalah yang muncul medan magnetik komputer. Dapat di jelaskan kebih jauh IRS merupakan gangguan yang muncul pada pergelangan lengan, tangan, leher karena dipaksa bekerja lebih cepat di depan komputer. Sedangkan kelelahan mata dan sakit kepala muncul sebagai keluhan yang banyak di lontarkan pengguna komputer. Sakit kepala muncul akibat kelelahan mata terhadap monitor komputer atau yang sering di sebut dengan Computer Vision Sindrome(CVS).
Gangguan komputer pada kesehatan mata tidak hanya menimbulkan sakit kepala dan kelelahan, lebih jauh, ternyata mata juga potensial terkena efek radiasi  yang dihasilkan secara langsung oleh monitor.
Hasil survey penelitian mengatakan sebanyak 77 pemakai layar monitor akan mengalami sakit mata ringan, mulai dari rasa pegal dan nyeripada mata, mata merah " mata berair " sampai iritasi mata, bahkan kemungkinan katarak mata.

TIPS ATASI DAMPAK BAHAYA DI DEPAN COMPUTER
            Melihat data dan fakta yang mengungkap tentang dampak buruk penggunaan komputer bagi kesehatan telah terpaparkan jelas, apakah benda canggih ini lantas harus di tinggalkan begitu saja. Masih ada berbagai cara yang dapat dilakukan guna menghindari dampak yang mungkin muncul bagi  anda yang selama ini terlalu ‘intim’ dengan komputer. Jangan risau tentang dampak komputer bagi kesehatan, hanya diperlukan kejelian dan kehati-hatian untuk mengatasinya.
A.     Jika selama ini anda sering menghabiskan waktu di hadapan monitor dan sering merasakan pegal dibagian lengan dan tangan. Lakukan gerakan untuk mengembalikan kondisi lengan Kini mulailah membiasakan diri untuk melakukan relaksasi otot dan syaraf sejenak
  1. Jangan paksa duduk terpaku terus menerus untuk tetap bekerja tanpa istirahat. Luangkanlah setelah  beberapa jam di depan komputer, dan beristirahatlah beberapa menit  
  2. Berusaha mengatur posisi duduk dan anggota tubuh yang benar, dan mencari kursi yang nyaman diduduki. Berusaha mengatur jarak pandang  antara mata dan monitor
  3. Jika anda merasa takut dengan radiasi cahaya yang dihasilkan monitor, Anda bisa menggunakan kaca filter yang mampu menahan radiasi cahaya monitor mata.
  4. Kalau mungkin lakukanlah gerakan senam ringan dengan menggerakkan anggota tubuh agar ada  relaksasi pada otot dan syaraf-syaraf yang tegang
  5. Membiasakan pola hidup sehat dengan istirahat teratur dan pola makan dengan menu gizi yang seimbang 
            Saat ini memang sudah tidak mungkin menghindari penggunaan komputer dalam keseharian kehidupan masyarakat. Dan telah diakui  kehadiran komputer sangat berperan sebagai alat pendukung keberhasilan kehidupan manusia, namun satu hal yang perlu di ingat, secanggih apapun alat yang di gunakan, tetaplah harus waspada terhadap berbagai kemungkinan yang dapat mengancam kesehatan anda. Selain itu pergunakanlah komputer secara bijaksana agar tidak menghasilkan dampak negatif bagi kesehatan.

Tips Menghindari Radiasi
  • Posisikan monitor komputer sedemikian rupa sehingga layar monitor berada di bawah level mata.
  • Letakkan bahan-bahan acuan sedekat mungkin ke layar monitor. Untuk mengurangi gerakan kepala dan mata, serta perubahan akomodasi mata.
  • Atur pencahayaan sehingga pantulan layar bisa diminimalkan.
  •  Layar monitor harus di bersihkan untukn mengurangi muatan elektrostatik.
  • Ambil waktu istirahat secara periodik dan sering mengedipkan mata untuk menghindar mata kering.
  • Biasakan melihat lihat lingkungan hijau untuk menjaga keseimbangan penglihatan antara jarak dekat dan jarak jauh.
  • Jagalah jarak fokus yang nyaman ke layar monitor.
Panduan menggunakan komputer yang benar, sehat, dan tepat adalah sebagai berikut.
1.       Istirahatkan tubuh selama 5-10 menit setiap satu jam.
2.       Istirahatkan mata dengan memandang jauh setiap 15-20 menit.
3.       Lakukan peregangan di kursi.
4.       Hindari dari cahaya yang silau.

POSISI DUDUK YANG IDEAL SAAT BEKERJA DI DEPAN KOMPUTER
A.  Sudut antara paha dan badan lebih dari 100 drajat
B.  Monitor berada 15 drajat dibawah pandangan mata dan jarak antara layar dan mata kurang lebih 50 cm
C.  Lampu berada 45 drajat dari depan meja
D.  Jarak paha dan meja minimal 20 cm
E.  Gunakan istirahat kaki dengan santai
F.  Tinggi kursi lebih kurang 36-45cm


Posisi duduk yang dianjurkan
Di postka widyaesmara
Pustaka Majalah Kesehatan


Wijaya Kusuma

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan bergabung dan memberi komentar